Minggu, 05 Oktober 2014

Melihat, Membaca dan Memanfaatkan Peluang Pasar

Peluang pasar itu sendiri adalah Suatu kebutuhan pembeli atau biasa kita sebut dengan konsumen dimana perusahaan harus bisa beroperasi dengan memproduksi barang/jasa yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut dengan menjual hasil produksinya kepada para konsumen.


MELIHAT PELUANG PASAR PEREKONOMIAN

Melihat peluang pasar bisa diartikan seperti seorang anak kecil yang mulai untuk mempelajari hal yang baru. Sebelum ia bisa belajar untuk membaca, hal yang pertama kali akan ia lakukan adalah melihat. Dalam membaca peluang pasar, maksud dari melihat disini adalah kita melihat : Apa yang menjadi masalah dari fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita? Siapa yang mengalami masalah tersebut? Bagaimana kita bisa meningkatkan peluang pasar di masyarakat? Kemudian kita cari celah agar kita dapat menembus peluang di dalam celah-celah kecil tersebut.  Ketelitian dalam hal melihat masalah dan membaca peluang pasar perekonomian disini sangat diperlukan, karena semakin kita teliti melihat peluang dan semakin tipis selisih dari besarnya masalah yang terjadi dengan kemampuan kita untuk menutup atau mengatasi masalah tersebut akan menentukan kesuksesan dalam membaca peluang pasar perekonomian yang terjadi saat ini.

Contoh seseorang dalam melihat peluang  bisnis :

Kalau kita bicara mengenai seluler itu ibarat kebutuhan hidup hanya setingkat di bawah beras. Ada orang yang sanggup tak bersabun ketika mandi, tapi jelas sulit tidur ketika pulsa di handphone mereka habis. Memang demikianlah kondisi sekarang. Tanpa seluler orang hidup seperti tanpa denyut jantung, separuh jiwanya menghilang, hidupnya begitu hampa dan begitu banyak ungkapan seseorang ketika semua kegiatan dilakukan tanpa harus menggunakan telephone genggam dalam kesehariannya. Karena hampir semua aktivitas melibatkan teknologi satu ini.

”Melihat kebutuhan masyarakat itu makanya saya berani buka usaha seluler,” kata Pak Ade. Sebelumnya Pak Ade merintis usaha kecil-kecilannya di daerah Depok. Nama “Puser Cell” Di tokonya tersebut Pak Ade membuka

Apa yang di inginkan pelanggan bisa terpenuhi dan dilakukan di toko kecil yang dirintisnya kini, terutama menyangkut masalah pemrograman. Di toko Pak Ade sendiri untuk saat ini, “seluler dengan tipe smartphone semacam BlackBerry (BB), Android, maupun tablet sangat diminati. Itu bagi kalangan menengah ke atas, sangat laris. Untuk kalangan bawah produk handpone China masih sangat laris” katanya. Untuk  masalah penjualan, dia selalu melakukan peningkatan setiap tahunnya.


MEMBACA PELUANG PASAR PEREKONOMIAN

Membaca peluang pasar merupakan hal yang esensial yang wajib hukumnya bagi seorang pengusaha. Membaca peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk bagi seorang pengusaha yang ingin memulai usahanya, namun membaca peluang pasar menurut pandangan saya sendiri adalah sebagai pondasi saat kita bergelut di dunia bisnis. Karena kelihaian kita dalam membaca peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk memulai suatu usaha, namun keahlian dalam membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki agar kita dapat mengembangkan usaha kita (dalam hal ini barang/jasa yang kita tawarkan kepada konsumen.
Cara membaca peluang pasar sangat mudah apabila kita dapat memikirkan konsep usaha seperti apa yang akan kita jadikan usaha. Sebelum kita memulai usaha, kita harus mempertimbangkan hal penting dalam memulai usaha seperti:

  • Jenis usaha apa yang banyak diminati dikalangan masyarakat?
  • Jenis produk seperti apa yang nanti bisa laris di pasaran?
  • Target konsumen
  • Lingkungan yang bersih
  • Legalitas
  • Beresiko kecil
  • Modal

MEMANFAATKAN PELUANG PASAR PEREKONOMIAN

Peluang memang di ibaratkan seperti emas yang bernilai namun sayang jika harus dilewatkan. Jika kita ingin menjadi seorang pengusaha sukses, maka jangan sekali-kali mengabaikan peluang usaha yang ada yang sebenarnya banyak disekitar kita. Namun sayangnya peluang itu sering kali kita abaikan karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya, serta harus dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang nice atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.

Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya. Ini akan terasa berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif. 
Cara memanfaatkan peluang usaha :

  1. Melakukan Riset Pasar : Ya, kita perlu akan data2 mengenai pasar produk yang akan menjadi unggulan. agar produk kita bisa diterima oleh orang lain terutama masyarakat, selain itu perlunya data2 mengenai tingkat persaingan pasar, kompetisi harga, karakteristik konsumen dll,
  2. Mempersiapkan dan menyusun rencana  (market plan), mencakup target pasar produk, target pendapatan perbulan,, biaya operasional.
  3. Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma2 yang berlaku dimasyarakat, misalnya membuka usaha minuman keras, obat-obatan terlarang.
  4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.



Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Kita harus berani memulai wirausaha atas ide-ide kita sendiri  sehingga kita akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus. Jangan pernah takut untuk memulai usaha.

MEMANFAATKAN DENGAN SEBAIK MUNGKIN BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH

Peluang pasar lebih ditujukan untuk perusahaan atau usaha kecil yang sudah berdiri dan bergerak dalam bidang usaha tertentu. Di dalam kehidupan kita sehari-hari pun banyak tercipta peluang pasar yang bisa kita manfaatkan dalam rangka mendapatkan keuntungannya. Ini beberapa contoh sederahana dari peluang pasar:

  • Lingkungan RumahSetiap keluarga pasti memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Peluang yang didapatkan dari segi ini yaitu kita dapat membuat sebuah warung maupun supermarket yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Lingkungan Perkantoran Di lingkungan ini begitu banyak peluang yang dimanfaatkan,bisa kita liat banyak warung makanan yang menjamur disekitar perkantoran. Ada pula banyak tempat-tempat refreshing yang dapat menghilangkan kejenuhan para pekerja kantor seperti salon,mall,dll.
  • Lingkungan Kuliah atau SekolahPeluang yang dapat kita baca dari lingkungan ini adalah kebutuhan para siswa maupun mahasiswa dalam menunjang pembelajaraan mereka seperti toko alat tulis,tempat fotokopian,warnet maupun warung-warung makanan.
  • Musim HujanSaat musin hujan mungkin pemiliki kendaraan merasa kesal dengan keadaannya jalan yang becek karena dengan begitu kendaraan mereka akan menjadi kotor dan tidak enak untuk dikendarain atau dipandang. Peluang yang dapat diambil dengan cara membuat tempat pencucian kendaraan. Sehingga meringgankan beban para pengguna kendaraan yang tidak ada waktu untuk membersihkan kendaraannya. Selain itu kita juga dapat menjual jas hujan maupun payung disekitar jalan,karena mungkin sebagaian orang selalu malas membawa 2 alat.

Dalam analisis pasar, biasanya ada beberapa komponen yang harus dianalisis dan d cermati, diantaranya dibawah ini :

  • kebutuhan dan keinginan konsumen
  • segmentasi pasar
  • target
  • nilai tambah
  • masa hidup produk
  • struktur pasar
  • persaingan dan strategi pesaing
  • ukuran pasar
  • pertumbuhan pasar
  • laba kotor
  • pangsa pasar 

Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam memilih lokasi usaha adalah :

  1. Sifat bahan baku dan kemudahan mendapatkannya secara terus-menerus.
  2. Sifat produk yang dihasilkan , jarak dengan pasar, dan biaya transportasi.
  3. Pengadaan sumbver daya manusia dan tingkat sosial masyarakat.
  4. tersedianya sumber air yang memadai dan faktor lingkungan lainnya yang menunjang usaha.
  5. peraturan-peraturan setempat , fasilitas, dan kemudahan yang tersedia.


Banyak Hal yang memang harus diperhatikan jika ingin memulai usaha. namun jika dilakukan dengan sungguh sungguh dan cermat dalam melihat peluang, bukan tidak mungkin usaha yang kita mulai akan bertambah maju dan jangan lupa berinovasilah dalam berusaha agar pangsa pasar semakin meluas

REFERENSI





Tidak ada komentar:

Posting Komentar