Peluang pasar itu sendiri adalah Suatu kebutuhan
pembeli atau biasa kita sebut dengan konsumen dimana perusahaan harus bisa
beroperasi dengan memproduksi barang/jasa yang menguntungkan bagi perusahaan
tersebut dengan menjual hasil produksinya kepada para konsumen.
MELIHAT PELUANG PASAR PEREKONOMIAN
Melihat peluang pasar bisa diartikan seperti seorang
anak kecil yang mulai untuk mempelajari hal yang baru. Sebelum ia bisa belajar
untuk membaca, hal yang pertama kali akan ia lakukan adalah melihat. Dalam
membaca peluang pasar, maksud dari melihat disini adalah kita melihat : Apa
yang menjadi masalah dari fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita? Siapa
yang mengalami masalah tersebut? Bagaimana kita bisa meningkatkan peluang pasar
di masyarakat? Kemudian kita cari celah agar kita dapat menembus peluang di
dalam celah-celah kecil tersebut.
Ketelitian dalam hal melihat masalah dan membaca peluang pasar
perekonomian disini sangat diperlukan, karena semakin kita teliti melihat
peluang dan semakin tipis selisih dari besarnya masalah yang terjadi dengan
kemampuan kita untuk menutup atau mengatasi masalah tersebut akan menentukan
kesuksesan dalam membaca peluang pasar perekonomian yang terjadi saat ini.
Contoh
seseorang dalam melihat peluang bisnis :
Kalau kita bicara mengenai seluler itu ibarat
kebutuhan hidup hanya setingkat di bawah beras. Ada orang yang sanggup tak
bersabun ketika mandi, tapi jelas sulit tidur ketika pulsa di handphone mereka
habis. Memang demikianlah kondisi sekarang. Tanpa seluler orang hidup seperti
tanpa denyut jantung, separuh jiwanya menghilang, hidupnya begitu hampa dan
begitu banyak ungkapan seseorang ketika semua kegiatan dilakukan tanpa harus
menggunakan telephone genggam dalam kesehariannya. Karena hampir semua
aktivitas melibatkan teknologi satu ini.
”Melihat kebutuhan masyarakat itu makanya saya
berani buka usaha seluler,” kata Pak Ade. Sebelumnya Pak Ade merintis usaha
kecil-kecilannya di daerah Depok. Nama “Puser Cell” Di tokonya tersebut Pak Ade
membuka
Apa yang di inginkan pelanggan bisa terpenuhi dan
dilakukan di toko kecil yang dirintisnya kini, terutama menyangkut masalah
pemrograman. Di toko Pak Ade sendiri untuk saat ini, “seluler dengan tipe
smartphone semacam BlackBerry (BB), Android, maupun tablet sangat diminati. Itu
bagi kalangan menengah ke atas, sangat laris. Untuk kalangan bawah produk
handpone China masih sangat laris” katanya. Untuk masalah penjualan, dia selalu melakukan
peningkatan setiap tahunnya.
MEMBACA PELUANG PASAR PEREKONOMIAN
Membaca peluang pasar merupakan hal yang esensial
yang wajib hukumnya bagi seorang pengusaha. Membaca peluang pasar tidak hanya
dilakukan untuk bagi seorang pengusaha yang ingin memulai usahanya, namun
membaca peluang pasar menurut pandangan saya sendiri adalah sebagai pondasi
saat kita bergelut di dunia bisnis. Karena kelihaian kita dalam membaca peluang
pasar tidak hanya dilakukan untuk memulai suatu usaha, namun keahlian dalam
membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki agar kita dapat mengembangkan
usaha kita (dalam hal ini barang/jasa yang kita tawarkan kepada konsumen.
Cara membaca peluang pasar sangat mudah apabila kita
dapat memikirkan konsep usaha seperti apa yang akan kita jadikan usaha. Sebelum
kita memulai usaha, kita harus mempertimbangkan hal penting dalam memulai usaha
seperti:
- Jenis usaha apa yang banyak diminati dikalangan masyarakat?
- Jenis produk seperti apa yang nanti bisa laris di pasaran?
- Target konsumen
- Lingkungan yang bersih
- Legalitas
- Beresiko kecil
- Modal
MEMANFAATKAN PELUANG PASAR PEREKONOMIAN
Peluang memang di ibaratkan seperti emas yang
bernilai namun sayang jika harus dilewatkan. Jika kita ingin menjadi seorang
pengusaha sukses, maka jangan sekali-kali mengabaikan peluang usaha yang ada
yang sebenarnya banyak disekitar kita. Namun sayangnya peluang itu sering kali
kita abaikan karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya, serta harus
dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja
jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang
nice atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk bisa
memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau mempraktekannya
dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya. Ini akan terasa berat karena selain
membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif.
Cara memanfaatkan peluang usaha :
- Melakukan Riset Pasar : Ya, kita perlu akan data2 mengenai pasar produk yang akan menjadi unggulan. agar produk kita bisa diterima oleh orang lain terutama masyarakat, selain itu perlunya data2 mengenai tingkat persaingan pasar, kompetisi harga, karakteristik konsumen dll,
- Mempersiapkan dan menyusun rencana (market plan), mencakup target pasar produk, target pendapatan perbulan,, biaya operasional.
- Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma2 yang berlaku dimasyarakat, misalnya membuka usaha minuman keras, obat-obatan terlarang.
- Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.
Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan,
maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Kita harus berani memulai
wirausaha atas ide-ide kita sendiri
sehingga kita akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah
peluang usaha yang benar-benar bagus. Jangan pernah takut untuk memulai usaha.
MEMANFAATKAN DENGAN SEBAIK MUNGKIN BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH
Peluang pasar lebih ditujukan untuk perusahaan atau
usaha kecil yang sudah berdiri dan bergerak dalam bidang usaha tertentu. Di dalam kehidupan kita sehari-hari pun banyak
tercipta peluang pasar yang bisa kita manfaatkan dalam rangka mendapatkan
keuntungannya. Ini beberapa contoh sederahana dari peluang pasar:
- Lingkungan Rumah : Setiap keluarga pasti memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Peluang yang didapatkan dari segi ini yaitu kita dapat membuat sebuah warung maupun supermarket yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
- Lingkungan Perkantoran : Di lingkungan ini begitu banyak peluang yang dimanfaatkan,bisa kita liat banyak warung makanan yang menjamur disekitar perkantoran. Ada pula banyak tempat-tempat refreshing yang dapat menghilangkan kejenuhan para pekerja kantor seperti salon,mall,dll.
- Lingkungan Kuliah atau Sekolah : Peluang yang dapat kita baca dari lingkungan ini adalah kebutuhan para siswa maupun mahasiswa dalam menunjang pembelajaraan mereka seperti toko alat tulis,tempat fotokopian,warnet maupun warung-warung makanan.
- Musim Hujan : Saat musin hujan mungkin pemiliki kendaraan merasa kesal dengan keadaannya jalan yang becek karena dengan begitu kendaraan mereka akan menjadi kotor dan tidak enak untuk dikendarain atau dipandang. Peluang yang dapat diambil dengan cara membuat tempat pencucian kendaraan. Sehingga meringgankan beban para pengguna kendaraan yang tidak ada waktu untuk membersihkan kendaraannya. Selain itu kita juga dapat menjual jas hujan maupun payung disekitar jalan,karena mungkin sebagaian orang selalu malas membawa 2 alat.
Dalam
analisis pasar, biasanya ada beberapa komponen yang harus dianalisis dan d
cermati, diantaranya dibawah ini :
- kebutuhan dan keinginan konsumen
- segmentasi pasar
- target
- nilai tambah
- masa hidup produk
- struktur pasar
- persaingan dan strategi pesaing
- ukuran pasar
- pertumbuhan pasar
- laba kotor
- pangsa pasar
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam memilih lokasi
usaha adalah :
- Sifat bahan baku dan kemudahan mendapatkannya secara terus-menerus.
- Sifat produk yang dihasilkan , jarak dengan pasar, dan biaya transportasi.
- Pengadaan sumbver daya manusia dan tingkat sosial masyarakat.
- tersedianya sumber air yang memadai dan faktor lingkungan lainnya yang menunjang usaha.
- peraturan-peraturan setempat , fasilitas, dan kemudahan yang tersedia.
Banyak Hal yang memang harus diperhatikan jika ingin memulai usaha. namun jika dilakukan dengan sungguh sungguh dan cermat dalam melihat peluang, bukan tidak mungkin usaha yang kita mulai akan bertambah maju dan jangan lupa berinovasilah dalam berusaha agar pangsa pasar semakin meluas
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar