Senin, 14 Oktober 2013

Hakekat Manusia dan Keudayaan

1. Pengertian hakekat manusia dan kebudayaan

Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar – dasar kebudayaan, pada perkuliahan jurusan sosiologi juga ada salah satu intinya saja agar tidak terlalu membebani pikiran otak.  Budaya memang merupakan salah satu jiwa dari nilai – nilai yang ada di dalam masyarakat.

Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal – hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendirinya hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalana manusia itu sendiri.
Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki system nlai. Secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia , yaitu :
  1. Hakikat hidup manusia : hakikat hidup untuk setiap kebudayaan berbeda secara ekstrem.
  2. Hakikat karya manusia : setiap kebudayaan hakikatnya berbeda – beda untuk hidup kedudukan , gerak hidup untuk menambah karya.
  3. Hakikat waktu manusia : hakikat waktu untuk setiap kebudayaan berbeda, masa lalu atau masa kini.
  4. Hakikat alam manusia : ada kebudayaan yang menganggap manusia harus mengeksploitasi alam ada juga yang harus menyangkut dengan alam.
  5. Hakikat hubungan dengan manusia : mementingkan hubungan antara manusia baik vertical maupun horizontal.
Mengapa manusia dikaitkan dengan kebudayaan?
Kaitan manusia dengan kebudayaan.
Hubungan antara manusia dan kebudayaan secara sederhana adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia dari sisi lain hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis. Proses dialektis teripta melalui tiga tahap :
  1. Eksternalisasi : proses dimana manusia mengekspresikan dirinya.
  2. Obyektivitas : proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif
  3. Internalitas : proses dimana masyarakat kembali di pelajari manusia.

Fungsi, hakekat dan sifat kebudayaan fungsi kebudayaan
Fungsi kebudayaan adalah untuk mengatur manusia agar dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak dan berbuat untuk menentukan sikap kalai akan berhubungan dengan orang lain didalam menjalankan hidupnya.
Kebudayaan berfungsi sebagai :
  1. Suatu hubungan pedoman antara manusia atau kelompok
  2. Wadan untuk menyalurkan perasaan – perasaan dan kehidupan lainnya
  3. Pembimbing kehidupan manusia
  4. Pembeda antara manusia dan binatang
 2. Contoh kasus hakekat manusia dan kebudayaan

Hubungan antara manusia dengan peraturan-peraturan kemasyarakatan.Pada saat awalnya peraturan itu dibuat oleh manusia, setelah peraturan itu jadi maka manusia yang membuatnya harus patuh kepada peraturan yang dibuatnya sendiri.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, karena kebudayaan itu merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri.

3. Pembahasan


  • Tanggapan:  pada hakekatnya manusia dan kebudayaan saling berhubungan Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa di pisahkan dalam kehidupan ini.Manusia adalah makhluk tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun temurun.Budaya tercipta dari kegiatan sehari – hari. 
  • Saran: sebagai manusia yang bijak kita sebaiknya menanggapi perbedaan budaya dan perubahan budaya dengan pola pikir yang baik jangan menjadikan perbedaan budaya sebagai sumber dari  perpecahan dan jangan menjadikan budaya lain menjadi pengganti budaya yang melekat di bangsa kita tapi sikapilah perbedaan budaya tersebut dengan bijak
4. Referensi

http://sudotoariwibowo0310.blogspot.com/2012/05/ilmu-budaya-dasar-hakikat-manusia-dan.html  
http://fajarmaulanablog.wordpress.com/2012/11/20/pengertian-hakikat-ilmu-budaya-dasar-hubunga-kebudayaan-dengan-teknologi/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar